Destinasi Wisata yang Lestari di India

Destinasi Wisata yang Lestari di India

Bagi para pelancong sejati, tentu mengetahui bahwa India memiliki bangunan legendarisnya yaitu Taj Mahal. Namun ternyata, selain Taj Mahal, India juga memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari alam, budaya, dan wisata air, banyak terdapat di negara India ini. Terutama budaya, India begitu kaya dengan kekayaan historisnya. Selain bangunan-bangunan budaya, India dipenuhi dengan ritual-ritual tradisional yang tetap lestari hingga sekarang. Upacara adat masih sering ditemukan di negara ini, yang membuat India memiliki daya tarik khusus para wisatawan. Berikut ini akan diulas beberapa tempat wisata yang dimiliki oleh India yang dimulai dari Taj Mahal hingga wisata-wisata menarik lainnya.

Wisata-wisata yang dimiliki India begitu kaya akan budaya dan pemandangan indah, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Taj Mahal

Taj Mahal

Tempat ini merupakan tempat pertama yang akan dikunjungi oleh para wisatawan, karena tempat bersejarah ini adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia. Tempat ini merupakan tempat yang bersejarah karena teah didirikan sejak zaman kerajaan Mughal Shah Jahan. Cerita yang beredar yaitu bangunan ini dibangun oleh raja Mughal untuk istrinya yang telah mendahuluinya karena meninggal pada saat melahirkan seorang putra. Walaupun banunan ini identik dengan masjid, namun sebenarnya bangunan ini bukanlah masjid. UNESCO telah menobatkan Taj Mahal yang berada di Kota Uttar Pradesh, India ini sebagai salah satu warisan dunia.

  1. Kuil Jain Ranakpur

Kuil di India ranakpur

India memiliki banyak bangunan-bangunan bersejarah berjenis kuil, seperti jain ranakpur.  Kuil ini sejak dahulu dijadikan sebagai tempat beribadah umat Hindu hingga sekarang. Bangunan ini cocok dijadikan wisata karena bangunan cukup tinggi, sehingga ketika berdiri di kuil ini akan dapat melihat pemandangan pegunungan yang ada di belakangnya yang didampingi dengan padang rumput.

  1. Menara Qutub

Menara di India Qutub

Adalah menara yang dinobatkan sebagai menara tertinggi di India. Menara ini dijadikan sebagai menara ikon di India. Yang menarik dari menara ini adalah ukiran-ukiran ayat suci Al-quran yang terpahat dengan rapi di dinding-dindingnya. Selain ukiran ayat Al-quran, bangunan ini juga memiliki prasasti Brahmi sebagai tiang penjaga dari bangunan ini.

  1. Kepulauan Andaman dan Nicobar

kepulauan India yang dekat Indonesia

Jika tiga tempat wisata sebelumnya adalah tempat wisata budaya, maka India juga memiliki wisata alam yang sungguh menarik yaitu Kepulauan Andaman dan Nicobar. Kepulauan ini memiliki tumbuh-tumbuhan yang beraneka ragam yang menjadi satu di sebuah hutan tropis. Selain tumbuhan, di kepulauan ini juga terdapat beberapa satwa langka yang hidup dengan seimbang yang selalu dijaga oleh penduduk sekitarnya. Tidak cukup hanya alamnya saja, disini pun juga bisa ditemukan beberapa situs sejarah peninggalan zaman perang dunia kedua. Yang lebih menariknya lagi, di kepulauan ini juga disediakan arena snorkling dan diving bagi yang menyukai keindahan alam bawah air. Kepulauan ini menarik perhatian wisatawan karena memiliki fasilitas alam di tengah bangunan-bangunan bersejarah dan pemandangan yang menakjubkan.

India memiliki sektor wisata yang maju, sehingga situs-situs wisata di atas terjaga dengan baik terutama situs peninggalan sejara yang ada di India. Masyarakat India menjaga kebersihan, kesucian, dan kelestarian budayanya. Alamnya pun turut dijaga oleh penduduk dan pemerintah India, baik itu tumbuhannya maupun binatangnya. Sehingga,  India adalah negara yang pas untuk dijadikan destinasi wisata alami yang masih kental dengan budaya lokal dan peninggalan sejarahnya.

Authored by: Jerome Hansen

There are 3 comments for this article
  1. Fikri at 4:43 am

    Menara Qutub menyerupai menara Pisa hanya saja tidak bengkok dan luas, mantap bahn bahasannya min!

  2. Erwin at 4:46 am

    Budaya mereka sangat seru untuk dipelajari, terutama makannya yang beraroma sangat kuat

  3. Gustavo at 4:49 am

    Sebelum melakukan perjalanan kesana sebaik tentukan terlebih dahulu destinasi wisatanya, karena disana akan sangat kesulitan bertanya pada orang lokal. belajar dari pengalaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *