Luang Prabang, Pilihan Tempat Wista yang Tepat Bagi Para Traveler

Luang Prabang, Pilihan Tempat Wista yang Tepat Bagi Para Traveler

Siapa nih yang belum pernah mendengar informasi tentang tempat wisata Lubang Prahang? Wisata alam di salah satu Negara di Asia Tenggara ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Kota yang sangat kecil di sebelah utara ibu Kota Laos (Vientiane) dulunya bernama Muang Sa. Nama tersebut ada karena pengaruh Budhisme.

Pada tahun 2010 hingga 2012, Lubang Prabang mampu meraih gelar sebagai destinasi terbaik dunia dari majalah “Travel” Inggris. Kota ini mungkin belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia, belum banyak juga wisatawan dari Indonesia yang mengunjunginya, namun kota ini sudah menjadi incaran para wisatawan luar negeri, terutama dari Eropa. Bagi anda para traveler, pecinta alam, yang hobi jalan jalan berburu pemandangan alam, anda harus menjadikan Lubang Prahang sebagai salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi.

Walau dikatakan sebagai kota kecil, namun Luang Prahang menyimpan banyak tempat wisata loh. Penduduknya juga terkenal sangat ramah. Untuk mengunjungi Lubang Prahat, dari Vientiane anda bisa menggunakan pesawat. Namun anda juga bisa menggunakan jalur darat. Tersedia banyak bus untuk pergi kesana. Biasanya tiket bus dijual dengan harga berkisar antara 150.000 hingga 180.00 0 Kip, harga tersebut sudah termasuk biaya sekali makan. Jika anda melakukan perjalanan pada malam hari, anda akan sampai di Lubang Prahang pada pagi hari karena waktu tempuhnya kira kira 12 jam.

Lalu wisata apa saja yang bisa kta nikmati di Lubang Prabang? Berikut beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi:

  1. Kuil Budha

Jika anda mengunjungi kota ini, mata anda akan dimajakan oleh bangunan kuil kuil Budha yang menghiasi kota. Bangunan tersebut masih asli dan belum dimodifikasi sejak dahulu kala. Dengan kata lain para penduduk kota masih sangat menjaga dan merawat kuil tersebut. Setiap kuil disana memiliki makna dan fungsi tersendiri bagi penduduknya. Misalnya Wat Xieng Thong yang sudah didirikan sejak abad ke 16, kuil tersebut digunakan penduduk untuk acara upacara sakral. Ada beberapa kuil yang bisa anda kunjungi tanpa membayar, namun ada juga yang berbayar.

  1. Royal Palace Museum

Museum ini menyimpan sejuta cerita sejarah bangsa Laos. Dulunya Royal Palace Museum ini merupakan bekas Istana Raja dan sekarang dijadikan sebagai museum untuk para wisatawan yang ingin mengenal sejarah bangsa Laos.

  1. Sungai Mekong

Sungai Mekong, sungai yang terkenal karena telah mengairi beberapa sungai di berbagai Negara seperti China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja hingga Vietnam.

  1. Gua Pak Ou

Jalan jalan ke sungai Mekong akan terasa kurang lengkap tanpa mengunjungi Gua Pak Ou yang merupakan Gua Budha. Letaknya ada di pinggiran sungai Mekong. Anda bisa menemukan ribuan patung Budha di dalam Gua tersebut. Untuk pergi ke Gua Pak Ou ini, anda perlu menyewa kapal kecil dengan biaya sebesar 50.000 Kip perorang. Setelah sampai disana, anda masih harus membayar tiket masuk ke Gua sebesar 20.000 Kip.

  1. Kuang Si Waterfall

Untuk masuk ke tempat wisata ini anda perlu membayar 20.000 Kip. Bagi anda yang suka berenang, anda bisa berenang juga di air terjun tersebut. Pemandangan air terjun yang indah di sekeliling air terjun mampu memanjakan mata anda, membuat anda menjadi lebih rileks dan juga mampu menghilangkan kepenatan anda. Jika dilihat sekilas airnya terlihat sangat keruh, namun jika anda terjun langsung ke air, airnya akan nampak jernih.

Baca juga : Destinasi Andalan Vietnam, Halong Bay!

Authored by: Jerome Hansen

There is 1 comment for this article