Antelope Canyon, Destinasi Favorit Wisatawan Dunia

Antelope Canyon, Destinasi Favorit Wisatawan Dunia

Arizona merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Amerika Serikat. Arizona dikenal di kalangan internasional berkat Grand Canyon nya yang megah, yang juga tercatat menjadi salah satu dari Seven natural Wonders of the World. Ternyata bukan hanya ngarai dari Grand Canyon saja yang berada di Arizona, tetapi masih ada Antelope Canyon.

Antelop Canyon ini tidak kalah menarik dari Grand Canyon. Dinding dari Antelope Canyon yang berwarna cenderung kemerahan ini membuat ngarai ini kian memukau. Antelope Canyon juga lekat dengan nuansa magis karena bebatuannya yang unik. Ngarai ini sendiri terbentuk dari kumpulan batuan pasir yang telah menunmpuk selama ribuan tahun lamanya.

Antelope Canyon ini merupakan salah satu bentukan geologis dari Novajo Sandstone yang memanjang di selatan Nevada, utara Arizona, hingga barat laut Colorado juga Utah. Ngarai cantik ini menjadi surganya para fotografer yang tengah melakukan hunting objek alam. Tak heran banyak sekali orang yang datang dengan kamera. Ada yang memang bertujuan melakukan hunting foto, ada pula yang ingin sekedar mengabadikan momen mereka ketika berada di bawah indahnya Antelope Canyon ini.

Antelope Canyon ini juga merupakan sebuah lembah yang berada di antara dua tebing curam yang dalam dan luas ( biasanya disebut sebagai ngarai ). Lokasi ngarai ini berada di sekitar Coconino Country, Page, Arizona, juga Amerika Serikat. Kawasan Antelope Canyon ini berada di dalam kompleks Navajo Indian Reservation ( kawasan penampungan paling besar untuk suku Indian dari Amerika Utara ) dengan fakta keunikan main depok ngarai sebagai  berikut :

Holiday di Antelope Canyon

  • Ngarai yang dikenal dengan nama Antelope Canyon ini terbentuk secara alami dari proses erosi oleh angin dan air yang menerjang batuan pasir Navajo dalam jangka waktu yang lama.
  • Terjadinya banjir bandang mempercepat proses batuan tergerus, sehingga terbentuk patahan juga celah indah yang terukir dengan alami di dinding ngarai.
  • Antelope Canyon ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu The Crack ( Ngarai Antelope Atas ) juga The Corkscrew ( Ngarai Antelope Bawah ).kedua ngarai tersebut memiliki corak yang berbeda pada patahan batunya.
  • Penduduk setempat menyebut Antelope Canyon ini sebagai Tse’ Bighanilini, yang artinya tempat air mengalir melalui batuan.
  • Antelope Canyon bagian atas ini berada di ketinggian 4000 kaki di atas permukaan sungai dan disertai dinding batu setinggi 120 meter. Sementara Hasdestwazi ( Ngarai Antelope bawah ) biasanya disebut juga dengan batuan spiral.

Pada bagian dinding Antelope Canyon ini mampu mengubah pantulan dari cahaya matahari ini menjadi warna-warna yang indah. inilah yang menjadi perhatian para wisatawan asing maupun lokal untuk datang berkunjung. Wisatawan biasanya datang untuk mendaki, atau pun berkemah untuk melihat ngarai lebih dekat. Ketika musim panas, wisatawan dapat melihat celah-celah ngarai diterangi oleh sinar matahari. Warga lokal menyebut fenomena ini dengan A God Speaking from the High ( Tuhan berbicara dari Atas ).

Authored by: Jerome Hansen